Wednesday, July 15, 2009

Sekilas Pandang Pusat Komputer

Pusat Komputer adalah sebuah Unit Pelaksana Teknis di IAIN Ar-Raniry yang mempunyai tugas dan wewenang mendidik dan melatih komputer bagi civitas akademika IAIN Ar-Raniry.

Puskom IAIN Ar-Raniry berdiri sejak tahun 1996, dengan terjalinnya hubungan kerjasama antara IAIN Ar-Raniry dengan salah seorang pengusaha asal Medan. Dalam kontrak yang ditandatangani Rektor IAIN Ar-Raniry kala itu Drs. H. Abd. Fattah pihak kedua tersebut, IAIN Ar-Raniry akan memperoleh 20 unit komputer type 486 Dx2 (tidak ada harddisk). Sejak itu Pusat komputer melatih dan mendidik mahasiswa, dosen dan tenaga administrasi dalam penggunaan komputer dengan program Wordstar 6 dan Lotus 123 melalui DOS (saat itu pakai disket).
Hal ini berlangsung selama 4 tahun (1996-1999) dan telah mendidik lebih kurang dari 400 mahasiswa, dosen dan tenaga administrasi dalam hal penggunaan komputer dengan menggunakan disket DOS dan Program Wordstar Versi 6 serta Lotus 123. Namun sejak September 2000, Pusat Komputer mengalami perubahan yang signifikan dengan diupayakannya pemasangan harddisk sebanyak 14 unit komputer. Memasuki tahun 2001, Pusat komputer telah berhasil mendidik/melatih mahasiswa, dosen dan tenaga administrasi dengan menggunakan Windows versi 1997 dan Microsoft Office versi 7. Hal ini berlangsung sampai terjadi gempa bumi dan tsunami 24 Desember 2004 dan telah melatih mahasiswa, dosen dan tenaga administrasi lebih kurang 980 orang.
Setelah musibah gempa dan tsunami, Pusat Komputer mengalami masa stagnasi karena semua fasilitas baik ruang maupun sarana komputer hancur dalam musibah tersebut. Baru pada akhir tahun 2005 Pusat Komputer kembali beroperasi dengan mendapat bantuan komputer dari Yayasan Air Putih. Saat itu, di samping diklat komputer kembali dapat dijalankan, Air Putih juga menggratiskan penggunaan Internet selama 1 tahun dengan kapasitas 64 kbps.
Memasuki tahun 2006 Pusat Komputer kembali memperoleh bantuan dari Later Day Saint Charities (LDSC) sebuah badan donor dari Amerika. Bantuan yang diberikan adalah 14 unit komputer, 1 buah LCD, 3 buah AC dan remodeling ruang kerja dan ruang belajar ke arah yang lebih baik.
Bulan November 2006, Pusat Komputer kembali memperoleh bantuan dari sebuah lembaga donor dari Australia (CPA) berupa dua buah server, beberapa unit komputer dan penggratisan internet selama 6 bulan.
Dengan fasilitas dan sarana yang memadai inilah Pusat Komputer terus berkiprah dalam sejak awal 2006 sampai dengan sekarang untuk mengelola pendidikan dan latihan komputer bagi mahasiswa, dosen dan tenaga administrasi serta masyarakat umum lainnya. Sejak fasiltas Windows Xp sampai sekarang telah dididik sebanyak 840 mhs, 100 orang dosen/karyawan dan 80 orang masyarakat luas kampus. Di samping itu, Puskom juga mempunyai tanggung jawab menyediakan sarana pembelajaran mata kuliah Aplikasi Komputer Fakultas Tarbiyah, Adab, Dakwah dan Syari’ah.
Setelah menempuh masa yang panjang, saat ini dalam kampus IAIN Ar-Raniry telah bisa diakses internet secara bebas. Walaupun saat ini masih tergolong sangat sederhana dengan kapasitas tersambung masih rendah, namun ini semua merupakan langkah awal terciptanya alam teknologi informasi di lingkungan IAIN Ar-Raniry.
IAIN Terkoneks Internet

Mengawali Tahun 2008, civitas akademika IAIN Ar-Raniry sudah dapat sedikit bergembira hati dengan selesainya pemasangan jaringan Internet di 7 titik dalam kampus IAIN Ar-Raniry, yakni Pusat Komputer/Perpustakaan (Sentral), Biro Rektor, Fakultas Adab/Dakwah, Program Pascasarjana, Fakultas Tarbiyah, Fakultas Ushuluddin dan Fakultas Syari'ah. Di tujuh titik inilah internet dapat diakses dengan menggunakan Access Point (wireless). Bagi Anda yang mempunyai Laptop dan komputer PC yang memiliki Wireless, silahkan menggunakan Internet secara gratis (tanpa password).

Penggunaan internet secara gratis ini kami upayakan semaksimal mungkin bisa terkoneksi dengan baik. Memang harus diakui bahwa sewa jaringan yang harus dibayar ke pihak penyedia internet (provider) masih tergolong mahal, namun untuk sementara kami tetap berupaya melayani secara gratis. Hal ini kami upayakan untuk mengetahui sejauhmana kebutuhan akademisi terhadap teknologi informasi yang dapat diambil atau diakses melalui media internet.

Dalam perjalanan waktu, karena semakin hari terlihat daya akses internet semakin melambat yang diakibatkan digunakan secara merata (termasuk di luar komunitas IAIN), maka kami telah berupaya mengatur penggunaannya melalui pemberian password kepada pengguna IAIN saja. Bagi yang tidak memiliki password tentu saja hanya dapat signal, tapi tidak bisa terkoneksi ke Internet. Hal ini kita lakukan untuk mengantisipasi sulitnya akses internet di kampus kita.

Satu hal yang ingin kami tekankan di sini bahwa, apapun yang anda lakukan di internet itu adalah hak anda, namun yang perlu digaris bawahi, jaringan internet ini adalah milik IAIN yang tentu saja penggunaannya harus disesuaikan dengan visi dan misi IAIN Ar-Raniry di mana salah satunya meningkatkan kualitas civitas akademika yang beriman dan bertaqwa. Oleh karenanya, jika Anda orang yang beriman dan bertaqwa, silahkan menggunakan sarana internet untuk hal-hal yang positif saja dan menunjang kecerdasan spiritual Anda (bukan untuk hal-hal yang bernuansa pornografi).
Tentu saja semua orang berharap lebih, namun dengan keuangan kita yang masin terbatas, nikmatilah fasilitas yang ada ini dengan cuma-cuma alias gratis walaupun hanya dengan 512 kbps untuk seluruh kampus. Harapan kita semua di tahun-tahun mendatang, dapat kita tingkatkan lagi ke arah yang lebih baik dan bersahaja. Saat ini civitas akademika IAIN harus berbangga hati dengan di launchingnya Website IAIN Ar-Raniry yang lebih modern, enak di baca, komunikatif dan berdampak luas terutama kepada para alumni IAIN Ar-Raniry yang tersebar baik dalam maupun luar negeri.
Di samping website resmi IAIN sebagai induk, juga ada beberapa sub domain yang dipersiapkan yakni sub domain PPS, Kopertais dan Perpustakaan Induk. Ke depan diharapkan semua fakultas, memperoleh sub domain masing-masing dan mengelola sendiri websitenya. Secara lengkap website resmi IAIN Ar-Raniry saat ini adalah:
1. www.ar-raniry.ac.id di kelola oleh Pusat Komputer dan Humas IAIN Ar-Raniry
2. www.pps.ar-raniry.ac.id di kelola oleh PPs IAIN Ar-Raniry
3. www.kopertais.ar-raniry.ac.id di kelola oleh Kopertais Wil V Aceh
4. www.library.ar-raniry.ac.id di kelola oleh Perpustakaan Induk IAIN Ar-Raniry
Di samping fasilitas Website, juga diupayakan beberapa email khusus yakni:
1. Email khusus IAIN Ar-Raniry, www.mail.ar-raniry.ac.id Email ini diperuntukkan bagi seluruh dosen dan karyawan IAIN Ar-Raniry dan lembaga-lembaga kemahasiswaan. Saat ini dikelola oleh Pusat Komputer dengan email address: admin@ar-raniry.ac.id
2. Email khusus Alumni, www.mail.alumni.ar-raniry.ac.id diperuntukkan bagi para alumni IAIN Ar-Raniry di mana saja. Untuk sementara masih dikelola oleh Pusat Komputer dengan email address: admin.alumni@ar-raniry.ac.id
3. Email khusus Pascasarajana, www.mail.pps.ar-raniry.ac.id diperuntukkan bagi mahasiswa Pascasarjana IAIN Ar-Raniry. Untuk sementara masih belum difungsikan.
4. Masih dalam wacana membuat email khusus mahasiswa S1 IAIN Ar-Raniry. Jika banyak yang menginginkan, Insya Allah akan kami upayakan pembuatan email khusus dimaksud.


No comments: